Kamis, 25 Agustus 2016

SMA Negeri 1 Yogyakarta Rekomendasi Sekolah SMA Favorit dan Unggulan di Jogja

SMA Negeri 1 Yogyakarta Rekomendasi Sekolah SMA Favorit dan Unggulan di Jogja-Yogyakarta
tempat les matematika yang bagus, pengajar bimbel, privat bahasa inggris, privat bahasa inggris jogja, privat inggris, privat komputer, privat matematika, private bahasa inggris, program bimbingan belajar
SMA Negeri 1 Yogyakarta tidaklah muncul begitu saja. Sebelumnya SMA Negeri 1 Yogyakarta adalah SMA A Yogyakarta. Ditarik jauh ke belakang, SMA Negeri 1 Yogyakarta adalah Algemeene Middlebare School afdeeling A pada zaman Belanda. SMA Negeri 1 Yogyakarta sudah berdiri selama rentang tiga zaman, antara masa penjajahan, revolusi fisik, dan era kemerdekaan.
Pada tahun 1954, Kepala Urusan Pendidikan SMA Depdikbud menugaskan beberapa SMA untuk mengadakan kurikulum baru, kemudian SMA-SMA ini disebut sebagai SMA Teladan. Keputusan ini adalah langkah nyata pemerintah dalam mewujudkan pembaharuan pendidikan di tingkat SMA. Berdasarkan Surat Keputusan Menteri PP dan K No. 128079/S tertanggal 16 Desember 1957, terhitung mulai 1 Desember 1957, ditunjuklah:
  1. SMA Negeri III-B Jakarta menjadi SMA Teladan B2,
  2. SMA Negeri I-A dan II-A Yogyakarta menjadi SMA Teladan A3,
  3. SMA Negeri IV-C Surabaya menjadi SMA Teladan C4,
  4. SMA Negeri I-B Medan menjadi SMA Teladan B5,
  5. SMA Negeri II-A/C Bukittinggi menjadi SMA Teladan A.
SMA Teladan sendiri terdiri menjadi tiga bagian. Bagian A bermaterikan Sastra Budaya, bagian B mengajarkan Ilmu Pasti, dan bagian C bermaterikan Sosial Ekonomi. SMA Negeri 1 Yogyakarta semula adalah sekolah Algemere Midlebaar School (AMS) Afdeeling Yogyakarta.
SMA Negeri 1 Yogyakarta adalah SMA Teladan Bagian A, tapi karena dianggap berhasil, maka pada tanggal 30 November1962 melalui SK Mendikbud nomor 34/SK/BIII, mengangkat SMA Teladan A menjadi Teladan ABC. Tak lama setelah itu, keluar instruksi dari Depdikbud untuk menerapkan eksperimen kurikulum SMA Teladan di seluruh Indonesia. SMA Teladan ABC Yogyakarta pun berubah namanya menjadi SMA Negeri 1 Yogyakarta. Namun hingga sekarang, orang lebih mengenal SMA Negeri 1 Yogyakarta dengan nama SMA Teladan.
Awal 1958 SMA Teladan membentuk seksi bimbingan dan penyuluhan. November 1961, Surakarta dalam rapat SMA SMA Teladan dan memutuskan perlunya Bimbingan tersebut untuk semua SMA di Indonesia.Pada akhirnya SMA Teladan menjadi pelopor adanya Bimbingan Konseling di semua SMA di Indonesia.
SMA Negeri 1 Yogyakarta adalah sekolah pertama yang menerapkan metode penyampaian oral approach untuk pembelajaran Bahasa Inggris di SMA.
Pada tahun 1998, ditunjuk sebagai sekolah berwawasan unggulan.
Pada tahun 2002, mulai membuka program kelas akselerasi .
Pada tahun 2004, mulai membuka International Class Programme. 1st Graduation International Programme telah mengikuti tes International General Certificate of Secondary Education (IGCSE) yang diadakan oleh Universitas Cambridge.
Pada tahun 2005, menjadi Sekolah Nasional Bertaraf Internasional (SNBI). Pada tahun yang sama, sekolah ini mendapatkan sertifikasi dari Universitas Cambridge untuk menjadi Cambridge Center dan merupakan sekolah negeri pertama di Indonesia yang menjadi Cambridge Center. Banyak Sekolah dari seluruh Indonesia yang mengikuti Cambridge International Examination yang dilakukan 2 kali setahun di SMA Negeri 1 Yogyakarta.
Pada tahun 2006 ditunjuk oleh Kemendikbud sebagai RSBI angkatan pertama dan mulai menerapkan RSBI dan sistemmoving class untuk semua kelas.
Pada tahun 2009, telah dilakukan audit eksternal oleh Lembaga Sertifikasi Manajemen Mutu Bureau Veritas dari Prancis. Dari penilaian tersebut, dapat dipastikan SMA Negeri 1 Yogyakarta pantas dan berhak mendapat Sertifikat ISO 9001 : 2008 dengan nilai yang baik.
Pada tahun 2011, membuka Cambridge Class yang dikhususkan bagi siswa yang akan mengikuti Cambridge International Examination. Bagi siswa SMA Negeri 1 Yogyakarta dianjurkan untuk mengikuti A Level Test.

AKREDITASI SMAN 1 Yogyakarta
  1. Nilai Akreditasi: 99.11
  2. Peringkat Akreditasi: A
  3. Tanggal Penetapan: 22-Nov-2008

Program Reguler
Program reguler memiliki 9 kelas, 8 IPA dan 1 IPS. Mulai tahun 2013 penjurusan dilakukan pada kelas 10. Prosedur pendaftaran menggunakan sistem online (RTO) dengan NEM sebagai acuan.
Program Akselerasi
Program akselerasi merupakan program percepatan, jenjang SMA ditempuh dalam waktu 2 tahun belajar. 1 tahun ajaran program akselerasi adalah 8 bulan, 1 semester adalah 4 bulan. Prosedur penerimaan, siswa harus diterima dahulu di SMA Negeri 1 Yogyakarta melalui RTO, kemudian mengajukan pendaftaran akselerasi. Tes penerimaan program akselerasi meliputi tes akademik, psikotes, wawancara. Siswa yang diterima merupakan siswa dengan IQ very superior diatas 130. berapapun siswa yang lolos seleksi akan dilayani, meskipun yang lolos hanya 2 orang.
Cambridge International Class SMAN 1 Yogyakarta
Program ini ditujukan bagi siswa yang akan mengambil ujian internasional; Cambridge International Examination (CIE). Sebagai Cambridge Center, SMA N 1 Yogyakarta memfasilitasi siswa agar mendapatkan bimbingan lebih. CIE dilaksanakan 2 kali dalam 1 tahun ajaran. Tahun 2013 merupakan angkatan keempat program ini, dan dibuka 2 kelas. Prosedur penerimaan, siswa harus diterima dahulu di SMA Negeri 1 Yogyakarta melalui RTO, kemudian mengajukan pendaftaran cambridge. Tes penerimaan program cambridge meliputi tes akademik, psikotes, wawancara.


Fasilitas yang tersedia di SMA Negeri 1 Yogyakarta
Fasilitas yang tersedia di SMA Negeri 1 Yogyakarta terutama disediakan untuk berbagai kegiatan siswa, baik untuk pembelajaran maupun pengembangan kesiswaan, serta untuk pendukung penyelenggaraan pendidikan. Adapun fasilitas tersebut adalah sebagai berikut.
1.     Ruang Belajar 30 kelas , lengkap dengan TV, Proyektor OHP, Proyektor LCD, dan kipas angin
2.     Laboratorium Multimedia
3.     Laboratorium Fisika
4.     Laboratorium Kimia
5.     Laboratarium Biologi
6.     Laboratorium Bahasa
7.     Laboratorium Komputer
8.     Laboratorium IPS
9.     Koneksi internet WiFi dengan berbagai provider
10.  Perpustakaan ber-AC dengan sofa dan ruang media, serta termasuk perpustakaan terbaik tingkat daerah
11.  Ruang-ruang Kegiatan Kesiswaan
12.  Kantin dan Rumah Penjaga sekolah
13.  Ruang Pertemuan / Ruang Sidang
14.  Aula Katamso dan Panggung
15.  UKS
16.  Koperasi Siswa
17.  Ruang BP / BK
18.  Ruang Kepsek
19.  Ruang Guru
20.  Ruang TU
21.  Ruang BPIBK
22.  Ruang Audio / Visual
23.  Ruang Kesenian Karawitan dengan gamelan baru yang keren.
24.  Masjid, Ruang Agama Kristen, Ruang Agama Katholik
25.  Tempat parkir 2 lantai
26.  Lapangan Olahraga (basketvolitenisbulutangkistenis meja), Wall Climbing (alm), baju pelindung bela diri, tiang rengen.
Jam belajar SMAN 1 Yogyakarta
Jam belajar hari Senin dari pukul 08.00-14.00 jam pertama digunakan untuk upacara dan evaluasi. Upacara diadakan setiap minggu bergiliran antar angkatan, sementara angkatan yang tidak melaksanakan upacara mengerjakan evaluasi di kelas. Jam belajar hari Selasa-Kamis dan Sabtu dari pukul 07.15-14.00. Istirahat pertama dari pukul 09.30-09.45 dan kedua dari pukul 12.00-12.30. Jam belajar hari Jum'at dari pukul 07.15-11.20. Istirahat dari pukul 09.15-09.30. Jam ke-0, Pendalaman Materi (PM) dan Pendalaman Materi untuk Kelas Tiga (PMKT) dari pukul 06.30-07.15.


Organisasi Siswa Intra Sekolah ( OSIS ) SMAN 1 Yogyakarta
Organisasi Siswa Intra Sekolah merupakan organisasi wajib yang harus diselenggarakan dalam satuan sekolah menengah. Secara organis, OSIS adalah satu-satunya wadah dan induk organisasi siswa yang sah di sekolah, sehingga seluruh kegiatan organisasi serta ekstrakulikuler berada dibawah naungan OSIS . Oleh karena itu setiap sekolah wajib membentuk Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), yang tidak mempunyai hubungan organisatoris dengan OSIS di sekolah lain dan tidak menjadi bagian/alat dari organisasi lain yang ada di luar sekolah. OSIS di SMA Negeri 1 Yogyakarta sendiri memiliki nama " Bhinneka Teladan Bhakti " yang terdiri atas Pengurus Harian ( PH ) dan Majelis Perwakilan Kelas ( MPK ).
Pengurus Harian ( PH )
Pengurus Harian ibarat lembaga eksekutif dalam sistem pemerintahan yaitu pelaksana kebijakan yang dibuat sekolah maupun siswa melalui Majelis Perwakilan Kelas dalam bentuk kegiatan maupun peraturan. Dalam melaksanakan tugasnya, Pengurus Harian beranggotakan 19 orang siswa dan yang terbagi menjadi
Pengurus Inti
Mitratama  : Fahmi Fala Fatruka
Mitramuda I  : Muhammad Halim Al-Nibroos
Mitramuda II  : Adam Adhe Nugraha
Sekretaris Umum  : Dayana Pangestu Fajri Javasutra
Sekretaris I  : Vina Zahida
Sekretaris II  : Shabrina Alifah
Bendahara Umum  : Galuh Shafira Savitri
Bendahara I  : Dzkrina Iffa Yohanida
Bendahara II  : Salma Nur Faizah
Koordinator Seksi Bidang
Seksi Bidang I  : Keimanan dan Ketaqwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa
Koordinator  : Azmi Muhammad Ihsan
Seksi Bidang II  : Budi Pekerti Luhur atau Akhlak Mulia
Koordinator  : Layung Sekar Prabarayi
Seksi Bidang III  : Kepribadian Unggul, Wawasan Kebangsaan, dan Bela Negara
Koordinator  : Anita Rahmawati
Seksi Bidang IV  : Prestasi Akademik, Seni, dan/atau Olahraga Sesuai Bakat dan Minat
Koordinator  : Muhammad Ilham Aziz
Seksi Bidang V  : Demokrasi, Hak Asasi Manusia, Pendidikan Politik, Lingkungan Hidup, Kepekaan dan Toleransi Sosial dalam Konteks Masyarakat Plural
Koordinator  : Muhammad Arief Darmawan
Seksi Bidang VI  : Kreativitas, Keterampilan, dan Kewirausahaan
Koordinator  : Anggita Cahyaningrum
Seksi Bidang VII  : Kualitas Jasmani, Kesehatan, dan Gizi Berbasis Sumber Gizi yang Terdiversifikasi
Koordinator  : Devara Izaz Fathan
Seksi Bidang VIII : Sastra dan Budaya
Koordinator  : Hanantasena Wahyu Pratama
Seksi Bidang IX  : Teknologi, Informasi, dan Komunikasi
Koordinator  : Ismail Sani Fauzi
Seksi Bidang X  : Komunikasi dalam Bahasa Inggris
Koordinator  : Hanifa Humaira
Dalam hal struktur keorganisasiannya setiap Seksi Bidang membawahi beberapa subsie yang merupakan Sie otonom, ekstrakulikuler, serta organisasi lain.
Majelis Perwakilan Kelas ( MPK )
MPK adalah bagian dari OSIS Bhinneka Teladan Bhaktti. MPK merupakan lembaga legislatif dan yudikatif dalam OSIS BTB. Majelis Perwakilan Kelas merupakan perantara antara Sekolah dengan siswa. MPK mempunyai beberapa program umum yaitu Kaderisasi PH, Sarasehan I (Forum antara siswa dengan sekolah), Sarasehan II (Forum antara OSIS dengan siswa) , dan Forum Sosialisasi.
MPK terdiri dari Pengurus Inti dan 4 komisi yaitu :
1. Pengurus Inti
Senata Muda I  : Rais Tsaubana
Senata Muda II  : Norma Yuniar
Sekretaris Umum  : Estu Dyah Pawestri
Sekretaris I  : Annisa Azka Musallina
Sekretaris II  : Erlin Nawang
Bendahara Umum : Diah Morestika
Bendahara I  : Kharisma Citra
2. Komisi Aspirasi dan Interaksi (Koasinter)
Koordinator : Madina Arifah
Anggota :
  1. Muhammad Zidni Amien
  2. Alfa Deha Putra
  3. Ardini Batrisya
  4. Novebian Saintiva
  5. Hamdan Rakha Mahendra
3. Komisi Strategi dan Kebijakan Umum (Kostrakum)
Koordinator : Reza Alfa Hibatullah
Anggota :
  1. Adhaninggar Ratna H
  2. Retno Murti A.
  3. Muhammad Zhafran Haidar
  4. Deta Octaviana
  5. Putri Hayuningtyas
4. Komisi Stabilisasi dan Kedisiplinan (Kostadip)
Koordinator : Ichsan Indrayana Aryadipura
Anggota :
  1. Kemuning Arumingtyas Adiputri
  2. Rodzan Iskandar
  3. Annisa Dhia Baswedan
  4. Hannida Nurul Izzah
  5. Dinda Alvira Irawan
  6. Muhammad Zarfan Habib
5. Komisi Pengawasan dan Evaluasi (Kowasev)
Koordinator : Tranggono Aji Satmoko
Anggota :
  1. Annisa Ayu Nirmalasari
  2. Rafika Purnama Asri
  3. R. Dimas Nurpramono
  4. M. Abdurakhman Mukhlis
  5. Yuliana Zahrajuncta
Guna mengetahui info yang aktual dan lebih terperinci mengenai MPK OSIS Bhinneka Teladan Bhakti dapat diakses dari akun Twitter : @MPKTeladan dan
blog : mpkteladan.wordpress.com

Kegiatan Ekstrasekolah SMAN 1 Yogyakarta
Di Teladan, ekstrakurikuler lebih dikenal dengan nama sie otonom (sienom) dan sie non otonom. Ruang Sienom terletak di timur lapangan basket. Urutan dari sienom yang letaknya di selatan sampai utara.
Sie otonom
Nila Pangkaja (Teater)
Nila Pangkaja adalah sie otonom yang berdiri tahun 1978 dan bergerak dalam bidang teater. Anggota dari Nila Pangkaja disebut Crew NP yang diketuai oleh Kaisar. Saat ini sudah ada 36 crew. Sejak tahun 2012, Nila Pangkaja telah membuat pagelaran tunggal menjelang akhir semester 2. Pagelaran pertamanya berjudul "Dhemit" (2012), yang kedua (2013) berjudul "Rumah Sakit Jiwa".
SIGMA (Jurnalistik)
SIGMA adalah salah satu sienom di SMA Negeri 1 Yogyakarta yang mengusung slogan "Wadah Komunikasi dan Kreativitas". Sienom yang mengusung jargon "The World is Ruled by News" ini bertempat di pojok lapbas (lapangan basket) nomor dua. SIGMA menerbitkan majalah SIGMA setiap 6 bulan, buletin SIGMATIMES (berita dalam Teladan) dan SIGMALINE (berita luar Teladan) setiap bulannya. SIGMA menerima pesanan cetak seperti stiker, spanduk, pamflet, dll.
Teladan Junior Red Crescent (PMR)
Teladan Junior Red Crescent (TJRC) adalah organisasi PMR di SMA N 1 Yogyakarta yang memiliki jargon "Loving All Living". Basecampnya bernama 'Markaz', terletak di deret ruang sinom nomor 3 dari selatan yang berada di sebelah timur lapangan basket SMA N 1 Yogyakarta. Hingga kini anggotanya sudah terdiri dari 25 strata. TJRC mempunyai program ekstern yaitu Junior Red Cross Invitation (JRCI) yaitu lomba PMR untuk tingkat SMP dan SMA, serta donor darah. Twitter :@TJRCTeladan
Teladan Science Club (KIR)
Teladan Science Club (TSC) adalah sie otonom di bidang penelitian atau karya ilmiah remaja yang mempunyai slogan "We Search, We Find, We Solve". TSC terbentuk pada tanggal 27 Mei 1983. TSC mempunyai ruang basecamp yang bernama 'Habitat' atau biasa disebut 'Habit'. Setiap tahunnya TSC mengadakan lomba MIPA tingkat SMP/sederajat se-Jateng DIY yang disebut EXACTA. Setiap angkatan dalam TSC disebut level dan pada tahun 2013 ini sudah ada 31 level.
Scout (Pramuka)
Scout merupakan organisasi Pramuka di SMA Negeri 1 Yogyakarta mengusung Jargon "Shout Scout Out Loud". Basecamp Scout, yang biasa disebut sanggar, bertempat di ruang organisasi paling utara. Scout memiliki beberapa program umum dan insidental, di antaranya ODT, Buber, Syawalan, Donor Darah Scout, PDT, LG (Lomba Galang), Rafting, dll.
Teladan Hiking Association (Pencinta Alam)
Teladan Hiking Association (THA) adalah sie otonom di bidang pecinta alam dengan slogan "Adventure is our soul, environment is our life". THA merupakan sienom tertua yang dibentuk pada tanggal 20 Mei 1972. Saat ini telah terdapat 42 angkatan (2014/2015) dengan jumlah anggota kurang lebih 833 orang. THA mempunyai 3 departemen utama yang mengampu kegiatan utama, antara lain Hiking, Caving, dan Rock Climbing; serta kegiatan-kegiatan lain yaitu : Rafting, Reboisasi, Beach Camp, Sarasehan, Fun Bike, dan lain-lain.
Sie non-otonom
All Nation Teenagers
All Nation Teenagers (ANT) merupakan sebuah klub multibahasa di SMA Negeri 1 Yogyakarta. Bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa asing siswa/i SMA Negeri 1 Yogyakarta. ANT mengadakan pertemuan (meeting) rutin setiap minggunya sesuai dengan departemen bahasa yang diambil. Selain itu, ANT juga memiliki misi untuk meningkatkan dan menambah pengetahuan global kepada siswa/i SMA Negeri 1 Yogyakarta. ANT juga telah menyelenggarakan beberapa event seperti East Asian Day FestivalTeladan Ubiquitous Competition (Tebico), dan ANT Blog Competition (ABC) mengingat motto ANT yang berbunyi, "Learning and Sharing". ANT memiliki blog resmi di http://anteladan.blogspot.com.
Teladan Robotic Club
Teladan Robotic Club merupakan sebuah ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Yogyakarta yang bergerak dalam bidang kreasi elektronika dalam bentuk robot.
Kasat
Kasat (Komunitas Sastra Teladan) merupakan sie non otonom yang bergerak penuh di bidang pembuatan puisi dan pembacaannya.
Klub Filateli SMAN 1 Yogyakarta
Adalah kegiatan yang diikuti oleh siswa/i-nya pecinta, pengumpul, dan pengoleksi prangko. Merupakan kegiatan yang baru beberapa tahun ini berdiri dan selalu bekerjasama dan mengadakan kegiatan dengan acara prangko nasional di setiap tahunnya. FF Teladan adalah ekstrakurikuler filateli SMA satu-satunya yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta dan bekerjasama dengan Kantor Pos Indonesia. Prangko yang kini semakin jarang didapatkan karena perkembangan informasi dan teknologi dunia yang semakin canggih membuat kelompok ini semakin giat dalam membangun ukhuwah sesama pecinta perangko yang lainnya. Selain itu anggota klub ini rangkap menjadi postcrosser yang aktif dalam beberapa klub tukar-menukar kartu pos di seluruh dunia. Kegiatan yang menyenangkan dalam mengenalkan budaya Indonesia kepada kancah internasional melalui kata-kata dan kemasan kartu pos yang menarik.
Bhinneka Svara (Band)
BS merupakan ekatrakurikuler band yang didirikan tahun 1982 atau sudah ada selama 32 tahun. Instrumen musik yang digunakan adalah lead guitar, bass guitar, keyboard, vokal, dan drum. Ekstrakurikuler ini hanya berisi siswa kelas XI.
Zero (Ansamble)
Ekstrakurikuler yang bergerak di bidang musik ansamble. Hingga tahun 2014, Zero telah memiliki 10 angkatan yang disebut stanza.
Peleton Inti (TONTI)
Tonti SMAN 1 Yogyakarta adalah sie super otonom yang menangani bidang baris-berbaris. Tonti adalah salah satu sarana agar dapat melatih kedisiplinan, kekeluargaan, kebersamaan dan kepedulian. Sehingga, Tonti tidak hanya berisi baris-berbaris. Kebanyakan anggota Tonti banyak dipilih menjadi panitia-panitia pada berbagai kegiatan. Tonti SMAN 1 Yogyakarta memiliki nama Tonti Teladan.
Uswah Voice (Nasyid)
Uswah Voice adalah sebuah ekstrakurikuler grup vokal yang berbasiskan lagu-lagu islami yang biasa disebut nasyid. Uswah Voice sendiri terbagi menjadi 4 macam suara. Ada main vocal, harmonisasi, bass dan beatbox (suara drum menggunakan mulut). Uswah Voice sendiri telah mengikuti berbagai macam lomba. Saat ini Uswah Voice telah menginjak tahun ke-3.

Sumber data artikel adalah   
www.sman1yogya.sch.id/   http://library.sman1teladan-yog.sch.id/,    http://www.ksai-aluswah.org/   http://anteladan.blogspot.com/    http://rohkatkris.blogspot.com/ http://www.wix.com/layctchruno/rohkatkristld   http://rohisaluswah.wordpress.com/ https://id.wikipedia.org/wiki/SMA_Negeri_1_Yogyakarta   https://fadiahalyafii.wordpress.com https://www.youtube.com/watch?v=lDSidh8zEiM

SMAN 1 Yogyakarta selama ini telah menunjukan dedikasinya dalam mengembangkan nilai pendidikan yang berkualitas.

Kerjakan PR Online Mudah, tempat les matematika yang bagus, pengajar bimbel, privat bahasa inggris, privat bahasa inggris jogja, privat inggris, privat komputer, privat matematika, private bahasa inggris, program bimbingan belajar, Bantuan Kerjakan PR, Pahami Dalam Kerjakan PR , Privat Guru Online, Guru Online, Privat Online Indonesia, Belajar Privat Online, Privat Online Jogja. Les  Privat (Belajar Mandiri) Mapel SMA/MA/SMK Mapel  SMA MA SMK dan Bahasa Daeraj (Jawa) Les Privat (Belajar Mandiri) Bahasa Asing (Inggris, German, Mandarin). Privat Karyawan English Conversation, Mahasiswa Inggris persiapan kerja.